Ads 468x60px

Selasa, 03 Juni 2014

Toko Online salah satu peluang dalam E-commerce saat ini

E-commerce menjadi hal yang populer saat ini di Indonesia. Perkembangannya saat ini cukup pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Sebut saja Tokobagus.com, Lazada.co.id yang merupakan salah satu bentuk dari E-commerce.

Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. 

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini. 

Manfaat Toko Online
Toko online adalah suatu tempat dimana kita dapat menjual produk dan pembeli dapat memesan produk sehingga terjadi transaksi jual-beli yang dilakukan secara online. Apa saja manfaatnya? 
1. Memberikan kemudahan bila ada calon pembeli yang ingin mengetahui informasi tentang produk yang kita tawarkan. Calon pembeli akan lebih leluasa memilih dan mencari produk yang mereka inginkan. Mereka tidak perlu bedesak-desakan dengan pembeli lain karena toko on line dapat diakses bersama-sama. 
2. Biaya pembuatan toko on line tidak sebesar pembuatan toko secara fisik. Jadi, secara ekonomi lebih hemat biaya. Selain itu tidak diperlukan lagi biaya untuk keperluan tambahan seperti kebesihan, keamanan dan sebagainya yang berkaitan dengan keperluan fisik. 
3. Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengawasi toko on line atau tidak perlu menyewa seseorang untuk menjaga toko online kita. Kenapa demikian? karena melalui toko on line, kita dapat memasang informasi tentang produk kita secara otomatis bahkan pemesanan juga otomatis. 
4. transaksi pembelian bisa melalui pemesanan dan negoisasi bisa dilakukan melalui contact person, email, jejaring sosial atau chat. Dengan begitu lebih cepat dan praktis serta menghemat waktu. Dimanapun kita atau pembeli berada, kita bisa melakukan komunikasi dengan cepat dan mudah. 
5. Melalui toko online, produk kita bisa menjangkau daerah-daerah yang lebih luas dan calon pembeli dapat mengaksesnya kapan saja karena toko online akan aktif selama 24 jam. Ini memberikan peluang kita untuk memperkenalkan produk kita ke beberapa tempat dan makin banyak calon pembeli yang dapat kita saring. 6. Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk promosi menggunakan cara-cara lama seperti brosur, pamflet atau pasang iklan di pinggir-pinggir jalan. Toko online secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari promosi. Selain itu ruang lingkup promosi kita juga lebih luas, kita bisa hubungkan dengan jejaring sosial milik kita maupun maupun forum-forum atau bisa juga bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan produk yang kita tawarkan. 
7. Dalam toko online kita bisa menampilkan isi dari toko online kita dengan dukungan fasilitas multimedia seperti gambar, video, atau slide. Selain itu ada juga fasilitas pendukung misalnya kita bisa mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung setiap hari, kita juga bisa menyediakan tempat untuk komentar pengunjung, kita juga bisa menampilkan produk terkini dan masih banyak lagi. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki toko online, tentunya ini menambah presentase kemungkinan dalam perkembangan usaha kita. Ada peluang terbuka lebar yang amat sayang bila kita lewatkan. Untuk itu mulailah dari sekarang untuk mempertimbangkan membuka usaha atau toko melalui intrenet atau kita sebut dengan toko online. 

Analisis SWOT 
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. 

KEKUATAN (strengths)
  • fleksibilitas besar 
  • transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • biaya murah 
  • manajemen bisnis lebih rapi 
KELEMAHAN (weaknesses)
  • membutuhkan keahlian khusus
  • data mudah dipalsukan 
  • harus ada perangkat pendukung (ainternet, dll) 
PELUANG (opportunities)

  • pembeli berskala internaisonal
  • jangkauan pasar luas 
ANCAMAN (threats)
  • Kemungkinan adanya pembeli palsu (penipuan)
  • Pembeli hanya dari golongan tetentu.
  • Ancaman dari hacker. 
Penutup 

Toko online adalah suatu tempat dimana kita dapat menjual produk dan pembeli dapat memesan produk sehingga terjadi transaksi jual-beli yang dilakukan secara online.. Penggaunaan internet sebagai media bertransaksi tentu memiliki beberapa kemudahan dan kelebihan. Diantara kelebihananya adalah biaya yang relatif mudah, aatidak tergantung denganawaktu dan tempat, namun dibalik kelebijan terseabut ternyata masiih ada bebrapa kelamahan diaataranya adalah: ancaman keamanan data, adanya pembelim palsu, membutuhkan perangkat pendukung dengan keahlian khusus. Sebagai pebisnis dan pembeli aktif yang menggunakan jasa dan media ini agaknya perlu mengantiipasi adanya penipuan .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Gadgets