Ads 468x60px

Sabtu, 12 Oktober 2013

Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam



Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam 

TEKNIS KEGIATAN
LOMBA KARYA TULIS EKONOMI ISLAM (LKTEI)
3SEC (THREE DAYS WITH SHARIA ECONOMICS)


http://3sec2013.blogspot.com/p/call-for-essay.html




A. Definisi
Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) merupakan tulisan berisi ide atau gagasan kreatif karya berdasarkan data yang dianalisa secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Hasil karya ini diharapkan mempunyai pemikiran kedepan untuk memecahkan masalah dan membahas isu-isu terkini di seputar Ekonomi Islam.

B. Tema
"Growing Our Nation with Investment"
Subtema:
1.      Optimalisasi investasi syariah dalam negeri guna menstabilkan perekonomian
2.      Regulasi investasi syariah di Indonesia
3.      Peran OJK dalam perkembangan investasi syariah
4.      Startegi sosialisasi investasi syariah di Indonesia
C. Persyaratan Peserta Lomba
1.      Peserta bisa individu atau tim (maksimal 3 orang).
2.   Mahasiswa aktif (Diploma dan Strata 1) dari PTN atau PTS Se-Indonesia  dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).
3.      Anggota  tim  diperbolehkan  berasal  dari  fakultas  atau  jurusan  yang berbeda dalam satu universitas.
4.   Karya Tulis Ilmiah bukan merupakan hasil penelitian/skripsi, tidak mengandung unsur plagiat dan belum pernah dipublikasikan dan diperlombakan sebelumnya.
 D. Prosedur Pendaftaran

1.     Peserta mengunduh petunjuk teknis dan formulir di sini dan surat pernyataan orisinalitas di sini
2.  Peserta   mengirimkan   karya tulis, formulir, fotokopi KTM, dan surat pernyataan orisinalitas ke email 3sec2013@gmail.com
3.      Batas pengiriman tanggal 7 November 2013. 
4.      Lomba tidak dipungut biaya pendaftaran (GRATIS).

E. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:
  1. Bagian Awal
·         Halaman Judul 
1.      Judul identik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
2.      Nama penulis dan Nomor Induk Mahasiswa dibuat dengan jelas. 
3.      Asal Perguruan Tinggi ditulis dengan jelas. 
4.      Tahun Penulisan.
·         Kata Pengantar dari Penulis. 
·         Ringkasan  karya  tulis  disusun  sebanyak-banyaknya 1 (satu) halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan, dan rekomendasi.
  1. Bagian Inti
a. Pendahuluan 
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut: 
1.      Perumusan   masalah   yang   mencakup   latar   belakang   tentang   alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah.
2.      Mengundang pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan.
3.      Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b. Telaah Pustaka 
Telaah Pustaka berisi:
1.      Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.
2.      Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji.
c. Metode Penulisan 
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, analisis-sistematis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi. 

d. Bagian Isi atau Pembahasan 
Analisis  permasalahan  didasarkan  pada  data  dan  atau  informasi  serta Telaah Pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.

e. Bagian Penutup
1.      Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.
2.      Saran yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi ide yang diusulkan.
  1. Bagian Akhir
·         Daftar Pustaka dicantumkan untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
·         Lampiran-lampiran (jika diperlukan).
·         Daftar Riwayat Hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat,dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, riwayat pendidikan, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan ilmiah yang pernah diraih, serta dilampiri dengan pas foto warna terbaru ukuran 3x4 di pojok kanan atas halaman.
F. Persyaratan Penulisan dan Pengetikan
1.      Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 25 halaman. Jika terdapat jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka hal tersebut dapat mengurangi penilaian.
2.      Karya tulis di jilid menggunakan kertas Buffalo warna hijau.
3.      Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.
4.      Naskah diketik 1 (satu) spasi pada kertas berukuran A4 dengan font Times New Roman, 12, jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri, 3 cm dari samping kanan, atas, dan bawah.
5.      Jarak pengetikan, bab, subbab, dan perinciannya:
·         Jarak pengetikan antara Bab dan sub-bab adalah 3 spasi, Sub-Bab dan kalimat dibawahnya 2 spasi.
·         Judul Bab diketik ditengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.
·         Judul Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital).
·         Judul anak Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) kali pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital).
·         Jika masih ada Sub-Judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
G. Penomoran Halaman
1.      Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
2.      Bagian tubuh/pokok karya tulis sampai dengan bagian penutup memakai angka Arab dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1, 2, 3, dan seterusnya).
3.      Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
H. Ketentuan Finalis
1.      Peserta yang di nyatakan lolos seleksi adsministrasi akan masuk dalam penilaian juri.
2.      Pengumuman peserta Finalis LKTEI 3 SEC 2013 yang berjumlah 10 tim akan disampaikan oleh panitia pada tanggal 20 November 2013 lewat telepon maupun website 3 SEC 2013.
3.      Keputusan Juri tidak bisa di ganggu gugat.
4.      Finalis dikenakan biaya Rp 275.000,- per orang untuk biaya penginapan sejak 29 November - 2 Desember, konsumsi, dan tiket seminar.
5.      Pembayaran   dapat   di   lakukan   melalui   rekening  Bank Syariah Mandiri 7045349278 a.n. Nadia Hanifa/ISEG.
 I. Hadiah
1.      Juara 1 : Piala + Rp 3.000.000,-  + Sertifikat
2.      Juara 2 : Piala + Rp 2.000.000,-  + Sertifikat
3.      Juara 3 : Piala + Rp 1.000.000,-  + Sertifikat


J. Jadwal Kegiatan LKTEI 3SEC 2013

  1. Penyerahan/pengiriman hardcopy Karya Tulis rangkap 1 (satu) dan menyertakan fotocopy Kartu Mahasiswa, surat pernyataan orisinalitas serta Formulir Pendaftaran peserta kepada Panitia paling lambat diterima pada Tanggal 7 November 2013 (stempel pos) ke Sekretariat alamat Panitia LKTEI 3SEC ISEG, IBOOK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran Jl Dipati Ukur No. 35, kode pos (40135) dan softcopy Karya Tulis peserta juga harus dikirim melalui E-mail ke: 3sec2013@gmail.com. Konfirmasi pengiriman ke Contact Person Panitia LKTEI 3 SEC: Vanny Achyani (08887562189) atau Sirin Zahra (085722079563).
  2. Pengumuman peserta Finalis LKTEI 3 SEC yang berjumlah 10 orang akan disampaikan oleh panitia pada tanggal 20 November 2013 lewat telepon maupun website 3 SEC.
  3. Technical meeting peserta akan diadakan pada hari Jum’at  tanggal 29 November 2013 pukul 20.00 s.d. 20.30 WIB.
  4. Presentasi Final LKTEI 3 SEC 2013 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 November 2013 di Bale Rumawat UNPAD pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.
  5. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang LKTEI 3 SEC akan diadakan pada 2 Desember 2013 pada Seminar Nasional 3 SEC 2013.
Informasi lebih lanjut dapat diakses di:
Facebook: 3SEC 2013

Sumber: SEC 2013

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Gadgets